Monday, September 1, 2008

City Hall London


City Hall London, yang berada di sebelah selatan Sungai Thames, dibangun oleh arsitek Norman Foster di tahun 1998 - 2003 dengan gaya asitektur Biomorphic High-Tech Modern, yang kemudian dibuka untuk umum Juli 2002.

Merupakan tempat untuk pusat pemerintahan kota London dan Mayor(kepala pemerintahan kota) London. Bangunan ini bukan milik pemerintahan kota London namun disewa untuk 25 tahun. Disamping bangunan ini terdapat amphitheatre "The Scoop" yang digunakan sebagai panggung pertunjukkan di musim panas.


Bentuknya menyerupai helm atau telur sehingga membuatnya tidak mempunyai tampak depan atau tampak belakang. Diambil bentuk seperti ini bertujuan untuk mengurangi area permukaan bangunan dan memperbaiki efisiensi energi.




Diharapkan pusat pemerintahan yang ada bersikap terbuka/ transparan maka dibuat jalur sirkulasi berbentuk spiral sepanjang 500 meter di bagian dalamnya. Bagian atas dari bangunan 10 lantai ini adalah ruang pamer dan ruang pertemuan yang disebut "Ruang Keluarga London" dengan deck yang seringkali terbuka untuk umum.


City hall bukan berada di kota London, yang berpusat di Guidhall sebelah utara sungai Thames.

Sumber:
www.england-travel-pictures.com
www.london-architecture.info
www.fosterandpartners.com

No comments: