Tuesday, August 26, 2008

Daniel Libeskind

Daniel Libeskind, B.Arch. M.A , warganegara Amerika kelahiran Polandia (1946) yang meninggalkan musik demi menjadi seorang arsitek. Gelar arsitek yang didapat dari Cooper Union (New York City) di tahun 1970, diperdalam dengan ilmu di bidang Sejarah dan Teori Arsitektur dari Essex University, England, 1972.

Beliau juga memenangkan kompetisi perancangan World Trade Center di Februari 2003, membuatnya ditunjuk sebagai perancang tata ruang kota New York.

Hasil karya sebagian besar terdiri dari perpaduan massa yang tak teraturan atau massa bangunan yang dinamis. Hasil karya tersebar di seluruh dunia, baik yang sudah selesai atau masih dalam tahap perencanaan.

Semula Daniel Libeskind berkantor pusat di Berlin, Jerman di tahun 1989. Namun sejak memenangkan kompetisi desain untuk World Trade Center New York City, akhirnya kantor pusatnya dipindahkan ke kota New York. Di kantor pusat ini bekerja 70 orang, kemudian meningkat menjadi 140 orang seiring pembukaan kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa hasil karya beliau:

Denver Art Museum, Colorado (2006)


Royal Ontario Museum, Canada (2007)


Rejuvation, Gulport, Mississsippi, USA (Tahap Perancangan)


Orestad Downtown, Copenhagen, Denmark (Tahap Perancangan)

Daniel Libeskind bersama-sama dengan Cameron Sinclair ( Direktur Eksekutif dan pendiri "Architecture for Humanity") dan Peter Head ( Director Perancangan dan Pengembangan Perkotaan ) akan menampilkan sebuah dokumentasi baru "Design For Good".
Acara akan berlangsung 90 menit di CNN International (CNNI) 30 Agustus 2008 - 1 September 2008.

Sumber : http://www.daniel-libeskind.com

No comments: