Sunday, August 31, 2008

Royal Ontario Museum, Canada


Adalah arsitek Daniel Libeskind yang merancang bangunan tambahan pada bangunan lama museum yang berada di kota Ontario, Canada ini. Proyek ini meliputi perombakan 10 galeri baru di gedung lama dan menciptakan sayap baru "Michael Lee-Chin Crystal" yang menghubungkannya dengan museum. Atrium Gloria Hyacinth Chen Court merupakan ruang peralihan tersebut.Dinamakan "Michael Lee-Chin Crystal" karena Michael Lee-Chin yang menyumbangkan $ 30 juta untuk pengembangan museum tersebut.



Setengah dari bangunan baru ini digunakan untuk ruang pamer, sedang lantai dasar diperuntukkan untuk ruang pintu masuk dan ruang usaha yang diakses langsung dari jalan raya.

Bangunan baru yang berupa paduan dari lima kristal yang dibalut dengan aluminium dan kaca membuat gedung ini menjadi local point kota. Ruang perpotongan antara dua kristal diperuntukkan untuk galeri baru yang dinamai "Spirit House", yang merupakan tempat refleksi buat pengunjung setelah melihat ruang pamer sebelumnya sebelum melanjutkan ke ruang pamer berikutnya. Kristal ke empat yang dikenal sebagai " Stairs of Wonders" diperuntukkan untuk sirkulasi vertikal dan kristal ke lima untuk restoran.


Perancangan Royal Ontaio Museum adalah peluang untuk arsitektur baru yang dramatik dan penciptaan pusat perhatian umum yang luar biasa. Pemusatan pada lahan menciptakan hubungan antara sejarah dan masa kini, antara tradisi dan inovasi.
Bangunan lama yang bersejarah menandai keberadaan museum dengan segala fungsinya yang kompleks sedang bangunan baru "The Crystal" yang membuat museum menjadi pusat perhatian dan tujuan wisata dunia.

Keterangan:
Alamat : 100 Queen's Park - Toronto, Ontario - M5S 2C6 - Canada
Luas Bangunan : 18,600 m2 (186,000 kaki2)
Fasilitas : 7 lantai, 7 galeri baru, 8 galeri yang direnovasi, 3 restoran baru

Sumber :
www.archinnovations.com
www.rom.on.ca

No comments: