Friday, August 29, 2008

Denver Art Museum, USA

Gedung Fredrick C. Hamilton berada di tepat sebelah selatan Gedung Ponti ( Gedung Utara ) yang didesain oleh arsitek Italia Gio Ponti dan James Sudler Asscociates di tahun 1971. Gedung baru ini yang mempunyai ketinggian 120 kaki ini yang menghubungkan gedung lama dengan Perpustakaan Umum Denver.

Daniel Libeskind adalah arsitek yang merancang kompleks museum ini dengan pengembangan area tempat tinggal dan parkir sehingga museum mendapatkan pertambahan ruang sekitar 40% atau sebesar 146.000 kaki2. Idea perancangan diilhami dari Pegunungan Rocky dan batu kristal serta arsitektur sekitar. Bangunan ini juga merupakan bangunan pertama yang diselesaikan oleh Daniel Libeskind di USA.

Gedung Hamilton menjadi pintu masuk utama keseluruhan kompleks dengan luas lebih dari 350.000kaki2 ini mempunyai 965 parkir mobil dan 270.000 kaki2 untuk tempat usaha dan tempat tinggal.


Konstruksi yang dipakai adalah baja, titanium dan beton. Hampir keseluruhan baja dibuat di USA. Tiga balok baja terbesar dengan berat 550 pon per kaki1 dan panjang 60 kaki. Begitu panjangnya sehingga hanya perusahaan yang berbasis di Belgia yang dapat membuatnya.
Untuk keamanan dan kestabilan gedung diperlukan 116 kolom baja dan beton.
Sedang untuk pelapisnya digunakan perpaduan antara titanium dan kaca.



Pintu masuk bangunan berlantai 2-4 lantai dilengkapi dengan patung laba-laba yang terbuat dari perunggu buatan pematung Louise Bourgeois . Selain itu ada 3 patung baru di sekitar Gedung Hamilton yaitu "The Big Sweep" oleh Coosje van Bruggen dan Claes Oldenburg, "Scottish Angus Cow and Calf" oleh Dan Ostermiller dan patung tanpa nama buatan Beverly Pepper.



Bangunan yang bergaya " Deconstructivist Modern" ini memakan waktu 6 tahun untuk penyelesaiannya ( 2000 - 2006 ) dengan biaya $ 75 juta. Dibuka untuk umum pada tanggal 7 Oktober 2006 dan ditetapkan sebagai " Building Information Modelling" oleh American Institute of Architects.
sumber :
http://www.arcspace.com
http://www.designbuild-network.com

No comments: